Selasa, 09 Maret 2010

Menyulap Ban Lori Bekas Jadi kursi Taman

Ban lori bekas bisa menjadi kursi taman ditangan kreatif M Tahir (40). Pria asal Medan ini sukses meraih jutaan rupiah dari penjualan kursi-kursi berbahan ban lori bekas.

Usaha kursi dari bahan ban lori bekas milik M Tahir diberi nama Mandiri Tondi. Lokasinya di samping perumahan Koperari Karyawan PLN Batam Centre. Untuk jadi sebuah kursi, ban lori dipotong dengan teknik pemotongan melingkar tanpa putus. Satu ban lori bisa menjadi tali ban sepanjang 33 meteran.

Tali-tali ban kemudian dianyam menjadi sebuah kursi taman bunga, kursi kolam renang, dan kursi teras rumah. Menurut M Tahir, awalnya tahun 2004 hanya usaha tali ban yang dijual ke pembuat kursi sofa berbahan kayu dan kain. Lumayan menguntungkan, soalnya ban bekas masih gratis saat itu. Usaha tali ban kemudian dikembangkan menjadi usaha pembuatan kursi di tahun 2007. Ide buat kursi ini terinpirasi dari pembuatan kursi ban di Jawa Barat. Dulunya M Tahir pernah bekerja buat kursi dari ban.

”Setahu saya, sekarang ini, usaha pembuatan kursi ini cuma saya satu-satunya di Batam,” kata M Tahir, kepada Batam Pos, Kamis (3/12).

Kursi dari ban lori bekas punya banyak kelebihan. Di antaranya tahan meski kepanasan dan kehujanan, unik dan mudah dibersihkan dengan cukup disiram air saja.

Omset Rp12 Juta Per Bulan

Kursi ban lori banyak peminatnya. Terbukti setiap bulan, bisa terjual 30 set kursi (satu set kursi terdiri dari dua kursi satu meja). Satu set dijual dengan harga Rp400 ribu. Ini artinya dalam satu bulan M Tahir bisa mengantongi uang Rp12 jutaan. ”Pembelinya tak hanya masyarakat biasa. Hotel Golden View juga memesan 40 set kursi kolam renang dan taman,” ujar M Tahir berbangga hati.

Ia mengambil ban bekas dari 20 perusahaan besar di semua Batam. ”Saya beli ban lori bekas ukuran 1020 dengan harga Rp10 ribu dan ban lori ukuran 825 dengan harga Rp5 ribu,”katanya.

Sekarang M Tahir sudah memiliki truk untuk mengambil ban-ban lori dan mengantar kursi kepada pemesannya. Truk itu dia beli dengan cara kredit selama satu tahun. Dulu serba sendiri, sekarang dibantu lima orang karyawan.

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008