Sabtu, 06 Maret 2010

APPLE LAUNDRY CENTER BARU BERANI EKSPANSI BESAR-BESARAN

Surabaya-Yulio, pemilik Apple Laundry Center, salah satu waralaba laundry asal Surabaya, mengatakan baru berani berekspansi besar-besaran sejak November 2009 bertepan dengan pameran franchise di Jakarta. Hingga awal 2010, Apple Laundry telah memiliki 14 gerai di Surabaya, 6 di Jakarta, 1 di Tangerang, 1 di Lubuk Linggau dan Bengkulu (Sum-Sel).

Kepada majalahfranchise.com hari ini, Yulio mengatakan, Apple Laundry yang ia dirikan sejak tahun 1996 silam itu belum tersebar di seluruh Indonesia. “Maklum karena kami baru berani ekspansi besar-besaran saat ikut pameran franchise akhir November 2009 kemarin di Jakarta. Itupun kami lakukan setelah kami yakin dengan kekuatan system yang kami jalankan,” ujar dia.

Yulio optimis, target 25 franchisee ditahun 2010 akan tercapai karena jasa laundry sudah merupakan kebutuhan pokok harian dan malah ke depannya dengan sebagian besar orang yg semakin sibuk serta semakin sulitnya mencari pembantu rumah tanggan (PRT) maka usaha ini menjadi prioritas utama dalam hal mencuci pakaian.

Mengakali persaingan jasa laundry yang kian pesat di Indonesia, Apple Laundry memberikan harga dan Kualitas yang kompetitif sertai dukungan program ekstra seperti poin & reward, promo, undian berhadiah secara berkala dan sebagainya.

Sementara layani yang diberikan Apple laundry antara lain melayani jasa cucian paket (kiloan) & cuci premium (satuan) plus cuci helm. “Segmen adalah semua golongan, menengah-bawah untuk cuci paket, menengah-atas untuk cuci premium dan semua segmen untuk cuci helm, baik helm lokal maupun helm impor,”

FRANCHISE APPLE Laundry Center


Apple Laundry CenterSetelah sukses di Surabaya dengan mendirikan bisnis (workshop) cuci pakaian dengan sistem kiloan (pasar menengah-bawah) pada tahun 2006, dan setahun kemudian mendirikan bisnis (workshop) cuci pakaian dengan sistem satuan (laundry/wet/dry clean).

Kini APPLE Laundry Center hadir dengan inovasi terbaru yaitu jasa laundry dengan konsep 2 in 1 plus yaitu dalam 1 workshop melayani: CUCI PAKET (KILOAN) & CUCI PREMIUM (SATUAN) PLUS CUCI HELM, yang pangsa pasarnya telah melayani semua golongan (bawah, menengah dan atas).

Dan terbukti bisnis cuci pakaian ini merupakan salah satu bisnis yang tahan terhadap segala krisis karena salah satu faktornya adalah saat ini kebutuhan cuci pak
aian sudah termasuk kebutuhan pokok sehari-hari.

APPLE Laundry Center (ALC) ?
• Jasa Laundry dengan konsep 2 in 1 plus:
CUCI PAKET (KILOAN) & CUCI PREMIUM (SATUAN) + CUCI HELM

Pangsa pasar ALC adalah semua golongan?
Karena ada 2 jenis produk/jasa yang dikelola, yaitu:
• Cuci Paket (Kiloan): 60% menengah-bawah + 40% menengah-atas
• Cuci Premium (Satuan): 40% menengah-bawah + 60% menengah-atas

Visi-Misi-Motto? LOW COST LAUNDRY CENTER

Dukungan software ALC?
• Menggunakan software pendukung operasional yang praktis (aplikatif) dan komprehensif
(lengkap)—mulai dari transaksi, absensi, payroll sampai dengan laporan keuangan—sehingga
memudahkan bagi pemilik untuk memonitor aktifitas usaha harian, mingguan, bulanan bahkan
sampai dengan tahunan


APA KEUNGGULAN APPLE LC?
• Hadir dengan konsep yang inovatif, yaitu 2 IN 1 PLUS: PAKET + PREMIUM (PLUS CUCI HELM)
• Harga jual yang KOMPETITIF (di semua business line, lihat tabel) dengan hasil yang ber-KUALITAS

Business Line

Harga APPLE LC

bisa Bersaing dengan

Cuci Paket (Kiloan)

Harga Normal

Laundry Kiloan (kelas menengah-atas)

Cuci Paket (Kiloan)

Harga Hemat

Laundry Kiloan (kelas menengah-bawah)

Cuci Premium (Satuan)

Harga Normal

Laundry/DryClean (kelas atas)


• Semua mesin washer & dryer yang digunakan front-loading sehingga lebih bersih, lebih merata, serta
tetap menjaga kualitas bahan dan warna cucian
• Fasilitas LAYANAN AMBIL-ANTAR cucian ke tempat pelanggan


APA KEUNTUNGAN DENGAN FRANCHISE APPLE LC?
• Menggunakan bahan baku buatan sendiri dengan harga yang kompetitif namun berkualitas sehingga
menghasilkan cucian yang BERSIH dan LEMBUT dengan AROMA KHAS buah Apel
• Memiliki service center mesin sendiri sehingga pemeliharaan dan perbaikan menjadi lebih EFISIEN
baik dalam hal WAKTU dan BIAYA
• Management Support secara berkala dalam hal, antara lain:
1. (marketing) Promo di media cetak dan surat kabar (komunikasi bisnis)
2. (customer satisfaction) Reward untuk pelanggan berupa motor, TV, dll.
3. (HR satisfaction) Reward untuk counter (SDM) APPLE LC terbaik


APA YANG MENARIK DARI FRANCHISE APPLE LC?
• BEBAS MANAJEMEN FEE (ROYALTY) sampai dengan 3 bulan pertama untuk counter/workshop
• BEBAS MANAJEMEN FEE (ROYALTY) SELAMANYA untuk master dan dropzone
• Manajemen fee (royalty fee) HANYA 5% DARI NET SALES
• Mulai tahun ke-6 (untuk masa franchise awal 5 tahun) atau ke-11 (untuk Master) dan
seterusnya, perpanjangan (extension) franchise fee yang dibayarkan HANYA SEBESAR 20%
PER TAHUN


PILIHAN FRANCHISE ALC
(rincian perhitungan dapat dilihat di tabel ‘hitung-hitungan’)

Kategori

Franchise

Franchise

Fee

Masa

(tahun)

Manajemen Fee

(net sales)

Extension4

(per tahun)

Komisi

(harga jual)

Luas Min.

(m2)

Master1

Counter

DropZone

100 juta2

15 – 25 juta

7,5 – 12,5 juta

10

3 – 5

3 – 5

0%

5%3

0%

4 juta

1 juta

500 ribu

0%

0%

10% + 30%

60

60

6 – 12

1 Master Franchise memiliki hak eksklusif antara lain:

a. Bebas atas kewajiban membayar manajemen fee ke pusat

b. Menerima franchise fee dari counter-counter yang berada di dalam area-nya (kota/kabupaten)

c. Menerima manajemen fee dari counter-counter sesuai poin b di atas

d. Diikutsertakan minimal dalam bentuk informasi di setiap event expo yang diikuti manajemen pusat ALC

2 Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Denpasar franchise fee (master) sebesar 200 juta

3 Net Sales dari Counter DropZone yang dilayaninya tidak dikenakan manajemen fee oleh pusat

4 Extension (perpanjangan) berlaku untuk masa franchise awal 5 tahun ATAU 3 + 3 + 1 tahun



HITUNG-HITUNGAN COUNTER (JKT)

ESTIMASI INVESTASI AWAL

Washer front-load 3 + dryer 3 + steamer + boiler + mesin helm

Rp

46.000.000,00

Peralatan + perlengkapan + persediaan produksi + atk + seragam

Rp

15.000.000,00

Renovasi + instalasi + tambah daya listrik

Rp

17.000.000,00

Media pemasaran/promosi

Rp

8.000.000,00

Grand opening + training + supervision fee

Rp

3.000.000,00

Franchise fee (untuk 3 tahun)

Rp

15.000.000,00

Motor Bekas + Box Delivery

Rp

8.000.000,00

TOTAL INVESTASI AWAL

Rp

112.000.000,00

ESTIMASI PENJUALAN PER BULAN (RATA-RATA 5 TAHUN PERTAMA)

Cucian Paket (20 paket” x 30 hari x 22 ribu)

Rp

13.200.000,00

Cucian Premium (50 potong x 30 hari x 10 ribu)

Rp

15.000.000,00

Cucian Helm (3 unit x 30 hari x 10 ribu)

Rp

900.000,00

TOTAL PENJUALAN PER BULAN

Rp

29.100.000,00

ESTIMASI PENGELUARAN PER BULAN (RATA-RATA 5 TAHUN PERTAMA)

Gaji + Tunjangan + Insentif + Bonus + Uang Makan 6 orang SDM (22,5%*)

Rp

6.547.500,00

PLN + PDAM + TELKOM + BBM + Produksi (20%*)

Rp

5.820.000,00

Lain-Lain (2,5%*)

Rp

727.500,00

Manajemen fee (5%*)

Rp

1.455.000,00

TOTAL PENGELUARAN PER BULAN

Rp

14.550.000,00

TOTAL KEUNTUNGAN PER BULAN

Rp

14.550.000,00

TOTAL KEUNTUNGAN SELAMA 5 TAHUN

Rp

873.000.000,00

TOTAL INVESTASI AWAL + SEWA TEMPAT 5 TAHUN
(20 JT/TH)

Rp

212.000.000,00


1 paket = 18 potong = + 4,5 kg = 22 – 40 ribu (tergantung area)

* persentase dari Total Penjualan per Bulan

Catatan:

· perhitungan di atas belum termasuk asumsi adanya counter-counter DropZone

· perhitungan di atas berdasarkan data sampai Juni 2009 (asumsi sby)


TIPS MANAJEMEN APPLE LC
Dalam perhitungan keuangan APPLE LC tidak menampilkan BEP karena umumnya 0 sampai dengan 3 atau 6 bulan pertama merupakan masa awal usaha sehingga tidak dapat digunakan dalam perhitungan BEP dengan metode flat atau secara rata-rata

SYARAT SEBAGAI FRANCHISEE (PENERIMA WARALABA)
1. Menyukai kebersihan dan kerapian serta menyukai usaha di bidang usaha Jasa Laundry
2. Komitmen dalam menjalankan usaha dengan azas kepuasan karyawan dan kepuasan pelanggan
3. Serius dan peduli terhadap usaha yang dijalankan
4. Memiliki modal investasi awal
5. Menjalankan usaha sesuai SOP yang ditetapkan APPLE Laundry Center serta mentaati aturan-
aturan yang telah maupun yang akan ditetapkan di masa mendatang

SUPPORT DARI FRANCHISOR (PEMILIK WARALABA)
1. Layout, design dan budgeting
2. Software operasional yang aplikatif dan komprehensif
3. Pelatihan SDM
4. Supervisi dan evaluasi berkala dalam hal operasional, SDM, promosi, harga & kualitas
5. Pengembangan metode pemasaran eksternal serta bekerja sama dengan institusi lainnya dalam
hal peningkatan penjualan (saat ini di Jawa Timur telah bekerja sama dengan INDOSIAR, serta
dalam proses pendekatan dengan RCTI dan Global TV, MNC Group)


Apple Laundry Center - Tahapan Franchise


APPLE LC FAQs
APPLE LC tidak menggunakan bahan kimia berbahaya seperti PCE SOLVENT sehingga tidak hanya ramah bagi lingkungan namun juga aman bagi manusia atau user yang menggunakan hasil cuciannya.

GREEN FAQs
Kimiawi PCE SOLVENT tidak hanya berbahaya bagi lingkungan tetapi juga berbahaya bagi manusia.
(A Chronology of Historical Developments in Dry Cleaning, November 2007)


Apple Laundry Center Apple Laundry Center

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008