Minggu, 25 Juli 2010

Motivasi buat yang mau bisnis tapi gak ada modal

Salam Funtastic! Untuk semua member TDA.

Udah lama tidak membaca member yang berbagi berita kemenangan, anggap
saja tulisan saya buat menginisiasi member yang lain :)

Jika ada yang menganggap bisnis itu perlu modal besar, kayaknya harus
berpikir ulang, saya bisa membuktikan bahwa modal (finansial) bukanlah
segalanya.

Berikut kisah singkat salah satu bisnis saya:

Sekitar awal Februari saya mendapatkan kontak seorang partner di
Florida USA, dia adalah pemilik home industeri percetakan untuk
membuat kaos dsb. Tidak saya-sia-siakan saya hubungi dia lewat email
dengan bahasa inggris seadanya bermodalkan Google translate :) (saya
seorang pedagang kaos di Ebay). Saya mengajak dia untuk kerjasama
memproses orderan saya dan mengirimkan kaos tersebut ke customer saya
yang mayoritas dari Amerika Serikat.
Gayungpun bersambut, dan sayapun memulai mengirimkan order ke dia.
Orderan berjalan dan pelanggan saya cukup puas dengan produk yang dia
buat. Akhirnya terpikir ide untuk menerima orderan dari teman-teman
saya sesama pedagang ebay dan memrposes orderan ke US. Awal Maret lalu
sayapun nekad membeli domain www.us-dropship.com seharga $9,6. Dan
inilah modal riil yang saya keluarkan untuk bisnis ini. Dengan modal
domain ditangan, hosting nebeng dari web bisnis saya yang lain dan CMS
menggunakan Prestashop gratisan, saya buat sistem grosir online
(dropship) untuk melayani order dari teman-teman saya.
Dengan modal tersebut saya ajukan kerjasama ke partner saya di USA,
saya katakan ke dia saya sangat serius untuk membangun sistem dropship
ini, dan sayapun membuktikannya dengan menunjukkan web yang saya buat,
fans page di facebook, dsb. Diapun cukup terpesona atas kecevpatan dan
keseriusan saya mengajak bekerjasama. Lagi-lagi dia mau bekerjasama
dengan saya.
Dengan kerjasama tersebut saya memastikan diri sebagai orang Indonesia
pertama yang memiliki sistem dropship dengan target pasar global.
Kayaknya bisa masuk rekor Muri nih wkwkw.....
Social Networking Effect
Sama sekali tidak menyangka ternyata facebook memiliki dampak yang
dahsyat terhadap pemasaran. Dengan men-tags orang2 potensial dan
friend request terhadap calon member Alhamdulillah di hari pertama
terkumpul 30 orang (kalo gak salah) fans page.
Di hari pertama juga order datang, dan bisnis saya balik modal hanya
dalam tempo 2 hari saja. Ya iya lah modalnya cuma $9,6 :) .......
Dengan mengandalkan promosi di Facebook, alhamdulillah banyak member
baru daftar di web dan fans di facebook-pun berdatangan, penjualanpun
meningkat drastis. Seiring berjalannya waktu masalahpun mulai muncul.
Masalah diantaranya adalah partner saya di US kewalahan menerima
banyak orderan, ternyata ada beberapa order personal yang datang ke
dia dan mengakibatkan order management berantakan, proses cetakpun
menjadi lama (berminggu-minggu). Sayapun menerima beberapa komplen di
Facebook dan bahkan ada yang open dispute di Paypal (dari negara
tetangga sih yang dispute). Dengan menguatkan hati untuk tetap menjaga
komunikasi yang baik dengan member dan selalu berusaha memberikan
solusi atas permasalahan yang ada. Alhamdulillah member masih tetap
percaya bahkan member baru meningkat secara eksponensial.
Setelah sekitar 2,5 bulan berjalan tercatat lebih dari 200 orang
member dari indonesia dan malaysia terdaftar di web us-dropship. Di
Facebook terdapat lebih dari 600 fans.
Dalam 2,5 bulan ini kami sudah memrpoduksi dan mengirimkan lebih dari
1000 pcs kaos ke seluruh penjuru Dunia.

statistik terkini dari US-Dropship.

- nama website: www.us-dropship.com
- jumlah pemilik : 1 ORANG
- jumlah karyawan : 0 ORANG (pemilik merangkap karyawan :D)
- kantor : TIDAK ADA, online di tempat gratis :D
- persediaan : TIDAK ADA
- pelanggan : lebih 200
- omset per bulan : 5 DIGIT US Dollar (bisnis saya dalam mata uang US dollar)
- traffic Alexa : 500 ribu (web produk sejenis di Indonesia blom
pernah ada, yang ranknya 500 ribu dalam 2,5 bulan)

Dilihat dari statistik sederhana diatas (tidak bermaksud menyombongkan
diri) ada hal yang bisa diambil:
- Bahwa untuk berbisnis itu tidak - selalu - perlu modal finansial yang besar
- Et Ipsa Scientia Potestas Est, Knowledeg is Power, pengetahuan
sangat penting dan implementasi dari pengetahuan jauh lebih penting.
- Momentum, menentukan waktu yang tepat kapan mulai berbisnis menjadi
salah satu faktor keberhasilan,

Akhirnya:
Bisnis ini, sama seperti bisnis-bisnis lainnya, bisa saja bangkrut.
Tetapi setidaknya telah berhasil membuktiakn bahwa modal finansial
bukan segalanya dalam berbisnis.
Modal dibawah $10 dengan omset diatas $10.000 perbulan, Why Not?

Moga terinspirasi :)

Wassalam


Yoyo

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008